Sekapur Sirih

Blog ini berisi tentang beberapa hal yang saya miliki, tapi mohon maaf bila penyusunannya belum beraturan sebab masih dalam tahap belajar

Kamis, 27 Oktober 2011

LAPORAN WORKSHOP PENGEMBANGAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR


LAPORAN
WORKSHOP PENGEMBANGAN MATEMATIKA
SEKOLAH DASAR
TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR
TANGGAL 27 s.d 29 SEPTEMBER 2011
DI HOTEL VICTORY KOTA BATU
 








Disusun Oleh :
1.     KHOTIB, S.Pdi (Kec. Kunir)
2.     Drs. MISDAM (Kec. Candipuro)
3.     SUJIYAT WIDIYANTO, S.Pd (Kec. Pasirian)
4.     ISTATOK HUDHA (Kec. Padang)
5.     SITI MARIATUN, S.Pd.SD (Kec. Rowokangkung)

DINAS PENDIDIKAN KAB. LUMAJANG
2011


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas petunjuk dan hidayah-Nya semata kami diberi kesempatan untuk mengikuti Workshop Pengembangan Matematika SD yang dilaksanakan di hotel Victory, Kota Batu. Dan dengan perkenan-Nya pula kami bisa menulis laporan ini.

Laporan ini kami susun sebagai bentuk pertanggungjawaban kami karena telah diberi kesempatan untuk mengikuti workshop ini, mendapatkan materi-materi dari narasumber yang kompeten di bidangnya, yang akan menjadi bekal kami dalam mendidik siswa-siswa kami.

Berkembangnya wawasan pengetahuan dan sharing pengalaman antar peserta bisa bermanfaat untuk penyegaran memori/ daya pikir. Meskipun tidak semua materi dari workshop ini kami tuliskan di sini, mudah-mudahan laporan yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya kami, anak didik kami, dan rekan-rekan guru yang belum berkesempatan untuk mengikuti kegiatan serupa.


Penyusun,











DAFTAR ISI

Kata pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Dasar Pelaksanaan
C.     Tujuan
D.    Sasaran
E.     Ruang Lingkup
BAB II
A.    Waktu dan Tempat
B.     Peserta dan Narasumber
C.     Jadual Pelaksanaan
D.    Metode/ Media
E.     Program Kegiatan
F.      Kegiatan Pembelajaran
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
LAMPIRAN












BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia tidak terlepas dari pendidikan sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa yang dilakukan sejak tingkat Sekolah Dasar, oleh karena itu perlu dan terus diupayakan peningkatan tenaga pendidik dan kependidikan sehingga dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan, hal ini akan tercermin pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas yang berkualitas, berdaya guna dan berhasil guna.
Hal tersebut di atas dapat terlaksana apabila ditunjang dengan adanya upaya peningkatan kemampuan pembina dalam pengelolaannya.
Peningkatan mutu Sekolah Dasar perlu dilakukan secara menyeluruh terencana serta melibatkan semua pihak yang berkepentingan terhadap masalah pendidikan. Kegiatan Workshop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari semua usaha pembaharuan dan peningkatan sumber daya manusia pada umumnya.
Salah satu upaya nyata untuk mempersiapkan pembinaan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar agar kualitasnya meningkat, perlu dilaksanakan Workshop Pengembangan Matematika SD dengan harapan dapat mewujudkan model pembinaan yang sesuai dengan kebutuhan nyata sekolah baik materi maupun strategi pelaksanaannya sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.

B.     Dasar Pelaksanaan
1.      Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.      Undang Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Kewenangan Pemerintah Pusat dan Kewenangan Provinsi sebagai Daerah Otonomi;
3.      Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
4.      Dokumen Pelaksana Anggaran SKPD Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tanggal 3 Januari 2011 Nomor : 914/1/213/2011;
5.      Keputusan Kepala Dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur tanggal 7 September 2011 Nomor : 188.4/5660.103.03/2011 tentang Panitia Penyelenggara dan Narasumber Workshop Pembelajaran Matematika bagi Guru Sekolah Dasar Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2011.



C.    Tujuan
Workshop ini bertujuan untuk :
1.      Mengenal dan mengkaji pembelajaran matematika yang bermakna dan menyenangkan
2.      Melatih menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan memberikan umpan balik RPP yang disusun orang lain, secara khusus :
a.       Menyusun Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan
b.      Melatih menyusun instrumen penilaian tertulis beserta rubriknya.

D.    Sasaran
Sasaran workshop pembelajaran matematika ini adalah Guru SD Inti dan SD Imbas pada 38 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

E.     Ruang Lingkup
Ruang lingkup workshop pembelajaran matematika ini yaitu pembelajaran matematika bermakna dan menyenangkan, Kurikulum 2006 (KTSP): kaitan antara kurikulum – silabus – RPP, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (secara khusus LKS dan instrumen penilaian tertulis beserta rubriknya.






















BAB II
PELAKSANAAN

A.    Waktu dan Tempat
Pelaksanaan Workshop Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 27 s.d 29 September 2011 bertempat di Hotel Victory, Kota Batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar